Less screen time, more real connection 

Hello! Apa kabar? Sebagai pengguna smartphone aku rajin banget ngecek instagram dan blog walking. Kebiasaan ini nambah parah apalagi saat cuti dari kantor. Dan.. Aku nyadar bukannya Internet time jadi  sesuatu yang produktif aku malah mager alias malas gerak. Belum lagi pengen belanja online he he he. Coba deh googlin iPhone addiction: nuff said.  So here’s what I do:

1. Set waktu untuk ngeberesin segala sesuatu yang “rutin” dan berhubungan dengan internet di satu waktu. Biasanya, saya ngerjain ini waktu lagi mompa ASI  di pagi hari. Biasanya dimulai dari yg paling “penting” ke yang paling nggak penting. Saya komitmen cuman mengerjakan 30 menit. Yang saya lakukan biasanya dimulai dari:

  • ngecek tagihan/billing yang perlu dibayar, 
  • belanja online (kalau ada)
  • upload instagram & nulis blog
  • Cek dan membalas email 

2. Pasang aplikasi dengan pengingat/notifikasi seperlunya saja. Saya hanya pakai beeper untuk wa (contact penting), pengingat waktu sholat (penting banget, soalnya kadang suara adzan nggak kedengaran) dan app untuk jualan. Telegram/what’s app tidak perlu dibuat pakai beeper semuanya.  Untuk grup yang nggak terlalu urgent seperti alumni, grup rt/rw di silent dan dibaca saat senggang. 

3. Go analog. Sudah setahun saya mulai pakai bullet journal – dengan notes biasa. BuJo membantuku untuk “archive” goals, nulis gratitude journal dan juga tracking kebiasaan / habits yang mau dikembangkan. 

4. Go out, get inspired but more importantly get connected. Sering banget kalau aku nemuin sesuatu yang bagus/ keren/ penting  bawaannya pengen motret lalu upload. Sampai kadang lupa untuk “present” di momen tersebut. Sekarang, kalau motret, aku lebih milih upload nanti aja pas udah senggang dan  belakangan aku lebih milih bawa kamera. 

5. Decide what I want to do before opening laptop/iPad. Ini penting banget. Kadang aku ngebuka iPad atau laptop tujuannya A eh malah wandering around. Deras banget rasanya informasi ke kita. Memang banyak hal bermanfaat yang bisa ditemukan di internet, tapi kalau informasinya terlalu banyak saya pun gagal fokus. Saya akan buat outline atau corat coretan  di buku sebelum mulai buka internet untuk mulai Project. 

Aku akan update screen time dietku Ini di postingan mendatang. Jadi, bagaimana cara kamu menyikapi Internet supaya tetap fokus dan produktif?

Salam sayang, 

Surgeonmama.com

*photo credit to easel

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s